Senin, 03 Desember 2012

""
www.mandailing.org
malaysian / indonesian | english
Isi : : Kekrabatan


Kekrabatan
Marga Batu Bara, Daulae & Matondang
Masih ada marga-marga lain di Mandailing yang kisah asal-usulnya tidak menunjukkan bahwa asal mereka dari Toba. Marga-marga tersebut ialah Batu Bara, Daulae dan Matondang yang berasal dari satu nenek moyang. Tokoh nenek moyang ketiga marga tersebut menurut kisahnya dua orang bersaudara, yakni Parmato Sopiak dan Datu Bitcu Rayo. Sekitar 1560 keduanya bersama rombongan berangkat dari Batu Bara Tanjung Balai menuju kawasan Barumun. Di tempat itu mereka mendirikan kampung bernama Binabo dan di situlah akhirnya Parmato Sopiak meninggal dunia. (Pada 1981 beberapa tokoh marga Daulae, Matondang dan Batu Bara dari Mandailing telah memugar makam Parmato Sopiak yang terletak dekat desa Binabo di kawasan Barumun.)
Kemudian hari dua orang putera Parmato Sopiak yang bernama Si Lae dan Si Tondang bersama pengikut mereka pindah ke Mandailing dan mendirikan kampung bernama Pintu Padang. Di situlah keturunan mereka berkembang dan bermarga Daulae dan Matondang.
Datu Bitcu Rayo kemudiannya berpindah ke Mandailing dan mendirikan kampung Pagaran Tonga. Di tempat itu keturunannya berkembang menjadi marga Batu Bara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar